Wednesday, August 17, 2016

PANTAI TAMBAK REJO BLITAR

PANTAI TAMBAKREJO BLITAR
Pantai Tambak Rejo Blitar
 Hi sobat Blogger!. 
kali ini jalan-jalan kita menuju daerah selatan Jawa Timur ya. Tepatnya di kota Paria Blitar. Tentu kalian tidak asing dengan kota ini. Yup, siapa yang tidak kenal Blitar. Kota tempat makam pahlawan besar revolusi Soekarno dimakamkan. 
Tapi kali ini bukan makam bersejarah itu yang akan author ulik, tetapi sebuah pantai yang indah yang berbatasan dengan Samudera Hindia. Namanya pantai Tambak Rejo.
Tidak banyak wisatawan yang tahu akan pantai ini, karena memang akses jalan menuju pantai ini belum sempurna layaknya objek wisata lainnya. 

Oh ya guys, konon, dari pantai ini hanya memerlukan waktu sekitar 2 jam berlayar menuju Australia lho. Ada yang tertarik untuk membuktikannya?. Lumayan, untuk menghemat tiket pesawat dan pengurusan imigrasi. hahahha.....

Tidak ada yang menyangkal bila ombak pantai Selatan pulau Jawa terkenal eksotis. Gelombang lautnya seperti tarikan busur yang siap melepaskan anak panahnya ke pantai. Laut yang sepertinya tenang bak puding biru yang bergoyang landai tiba-tiba bisa saja menghentak melepaskan energi maha dahsyatnya menyapa manusia yang singgah ke pantainya.

dahsyatnya ombak pantai selatan
Ombak Pantai TAMBAK REJO

Pantai Tambak Rejo Blitar, satu dari banyak pantai Selatan pulau Jawa yang belum banyak dikenal. Tapi seperti pantai Selatan lainnya pantai ini sangat indah. Bukit-bukit tinggi yang mengelilinginya seakan benteng raksasa yang menjadi peredam amuk ombaknya.

Pantai Tambak Rejo terletak di desa Wonotirto kabupaten Blitar. Jarak antara kota  Blitar dan pantai ini cukup dekat lho. Hanya sekitar 1 jam perjalanan. Sebelum mencapai pantai, kalian akan menikmati sensasi petualangan dan menguji adrenalin kalian. karena jalan menuju pantai ini berliku-liku dan naik turun. Dibeberapa bagian ada tanjakan yang tinggi dan dibeberapa bagian lainnya terdapat turunan yang panjang. Gunakan mobil yang benar-benar fit untuk menuju tempat wisata ini. 

Oh ya guys, kalian jangan kaget ya, bila sewaktu-waktu mobil atau motor di depan kalian tidak kuat menanjak. So, tips dari saya, ambil jarak yang aman dengan kendaraan di depanmu, agar bila ada yang tidak kuat maka bisa segera diantisipasi.

Tiket masuk ke pantai cukup murah, masing-masing orang dikenakan biaya hanya Rp. 3000; saja. Sedangkan parkir kendaraan roda empat dikenakan biaya Rp. 10.000 per kendaraan. Murah bukan?... untuk ukuran rekreasi keluarga yang menyenangkan dan hemat di kantong, tempat ini bisa menjadi alternatifnya.

Sesampainya di pantai, kalian akan disambut dengan warning dari semacam beach boy yang tidak pernah lelah untuk mengingatkan kalian agar tidak mandi di laut. Saat author pergi ke sini,  menurut informasi kebetulan 3 hari sebelumnya ada dua siswa SMP yang terseret ombak dan meninggal. Di balik keindahan ombaknya, ternyata Pantai ini  menyimpan misterinya sendiri. 

Dan kebetulan author merasakan sendiri dahsyatnya ombak Tambak Rejo. Waktu itu saya sudah mengikuti perintah dari para beach boys agar tidak bermain di daerah yang diberi tanda bendera merah. Malah saya berfoto di atas batu pemecah ombak yang jauh dari air laut. Tetapi tidak disangka-sangka, tiba-tiba datang ombak yang sangat besar dan membuat saya tersungkur dan sempat terseret ke dalam air laut beberapa meter. Walaupun saya sempat merasakan minum air laut yang asin, tenggelam beberapa saat dan tubuh saya mengalami luka-luka karena terbentur karang, Untunglah tuhan masih meberikan perlindunganNya.

ihh ngeri ya,,...
tetapi jangan kuatir, bila kalian berhati-hati dan selalu memperhatikan kedatangan ombak, maka tidak akan terjadi hal yang tidak diinginkan.
dahsyatnya ombak pantai Selatan
Ombak pantai TAMBAK REJO
Tambak Rejo berpasir putih, halus dan bersih. Jadi tidak heran bila pesona itu sering menerlenakan para pengunjung dengan sedikit mengabaikan keselamatannya. 
Di sini kalian bisa menyewa perahu motor untuk merasakan sensasi di atas ombak. Tidak mahal kok. Kalian cukup merogoh kocek sebesar Rp. 10.000 per orang, kalian sudah dipinjami pelampung dan dapat merasakan sensasi naik perahu di ombak yang besar. 

Perahu tambak rejo blitar
Naik perahu di Pantai Tambak Rejo.
Sambil bermimpi kali aja bisa sampe Australia, hehehe...

Goyangan air laut dan naik turunnya perahu di atas ombak rasanya seperti saat kita naik rel coster atau tubuh kita seperti ditimang-timang dengan menggunakan kain raksasa. Agak menegangkan sih, tapi bila ingin uji adrenalin dan keberanian, jangan dilewatkan ya. 
Saat di atas perahu, kalian bisa bayangin bila kalian sudah sangat dekat dengan benua Australia lho. Pasti akan menjadi pengalaman yang mengasyikkan.

Oh ya guys,...
di sini kalian juga bisa bermain layang-layang beraneka warna. Angin laut yang semilir akan membuat layanganmu terbang tinggi dan menari indah dengan latar langit yang biru.
Layang-layang dibandrol dengan harga Rp. 30.000 untuk small size dan Rp. 45.000 untuk ukuran diatasnya. 

Layang-layang di pantai
Pose di depan Layang-layang bewarna warni


Layangan di pantai tambakrejo blitar
Layangan di pantai Tambak Rejo Blitar

bermain ombak di pantai
Kemilau ombak di pantai Tambak Rejo

pasir putih di pantai tambakrejo Blitar
Pasir putih yang lembut dan bersih di Tambak Rejo

Setelah puas bermain-main dengan ombak, pasir dan anginnya, perut kalian pasti sangat merasa lapar. 

kalian bisa wisata kuliner di pantai ini. Seperti pantai pada umumnya, primadona kuliner di daerah ini adalah ikan asap. Saran saya, sebelum kalian memesan makanan ada baiknya bila kalian tanyakan dulu harga makanan itu ya. Sekedar bocoran, harga ikan asap sekitar Rp. 5000 saja. Bila dengan nasi, sambal dan lalapan menjadi Rp. 9000. Harga ini bila pada hari biasa lho.
Harga akan berbeda bila kalian ke sana saat hari besar seperti lebaran.
Hal ini terjadi pada saat kedatangan saya yang kedua. Saya dibuat kaget dengan kenaikan harga sepiring nasi dan ikan asap, yaitu sekitar Rp. 15.000. Saat saya protes ke penjualnya, dengan enteng ibu bakul penjual nasi menjawab bahwa lebaran cuman 1 tahun sekali, jadi harap maklum bila harganya naik 2x lipat dari biasanya. OMG.... hahahha...
Ikan asap harga Rp. 5.000




Tidak jauh dari pantai, kalian bisa menemukan pasar ikan yang menjual berbagai ikan hasil tangkapan nelayan. 
Ikan asap di sini memang sangat enak lho. Selain enak, harganya juga pas di kantong. Potongan ikan asap yang sudah matang dan siap makan hanya dibandrol seharga Rp. 2500-5.000. Kalian sudah mendapatkan sambal kecap pedas dengan aroma jeruk yang membuat rasanya nendang sekali. hmmmm... mak nyusss....

ikan asap tuna enak
Ikan asap, harganya Rp. 15.000 aja

nelayan pantai tambak rejo blitar
Penjual ikan di pantai Tambak Rejo

Bila masih ada waktu sebelum kalian meninggalkan kota Blitar, karena dalam satu jalur pulang arah Surabaya, maka ada beberapa tempat wisata yang tidak boleh kalian lewatkan, diantaranya adalah wisata edukasi Kampung Coklat yang tengah naik daun dan makam presiden pertama negri ini Bung Karno.

Ok deh guys,...tunggu apalagi?... 
segera kemasi ranselmu dan masukkan tempat wisata ini dalam list jalan-jalanmu ya,..
Happy Travelling guys,....

No comments:

Post a Comment