PEMBUATAN KYOUAN 「教案」RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
BAHASA JEPANG VERSI THE JAPAN FOUNDATION JAKARTA.
from 研修 Guru bahasa Jepang SMA-MA se-Indonesia yang diselenggarakan P4TK Bahasa dan The Japan Foundation Jakarta
November-Desember ‘09
Kyouan教案 atau RPP yang baik adalah memuat rencana apa yang kita pikirkan untuk dilaksanakan pada waktu pembelajaran di kelas. Kyouan merupakan scenario/ angan-angan kita agar pembelajaran yang akan kita lakukan di kelas akan berjalan efektif da efisien.
RPP atau Kyouan haruslah memuat:
1. SK/KD dari materi yang akan kita berikan
2. Indikator materi yang kita ajarkan
3. Tujuan Pembelajaran yang akan di capai
4. Materi
5. Pelaksanaan Pengajaran
6. Alat/ peraga yang digunakan
7. Alokasi yang sesuai
8. Evaluasi/ penilaian.
SK/KD/ Indikator dan Tujuan Pembelajaran semuanya tercantum dalam Silabus.
Dalam Pelaksanaan Pengajaran harus memuat:
1. PENDAHULUAN
1. PENDAHULUAN
A. Pembuka
· Motivasi untuk siswa
· Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
· Sedikit Mereview pelajaran yang telah diajarkan sebelumnya
B. Kegiatan inti
· Pra Kegiatan:
1. Pengenalan kosakata/ pola kalimat baru
2. Latihan Pengulangan
3. Latihan penggantian
· Kegiatan:
1. Siswa melakukan kegiatan
2. Guru memantau kegiatan siswa
· Pasca kegiatan:
1. Fead Back
2. Unjuk kerja
C. Penutup
· Melakukan evaluasi
· Mereview pelajaran yang dipelajari hari ini
· Menyadarkan siswa bahwa mereka sudah bisa menguasai pelajaran hari ini
· Memotivasi siswa untuk menggunakan dalam percakapan sehari-hari
· Memberikan PR/ tugas
Contoh Penulisan Kyouan untuk KEGIATAN INTI saja:
|
Nama : Yulia Pratitis Yusuf, S.Pd
日時 : 2010年 1 月 23日 (08.00 – 08.45) |
クラス : MAN MOJOKERTO. Kelas XI Intra . Semester 2 (dua) |
BAB : (31 – SAKURA 2) なんがいにありますか。 Kegiatan : INFORMATION GAP |
目標 : Dapat menyebutkan barang-barang an tempat barang belanjaan di suatu toko/ Mall |
流れ(Alur) 時間(Waktu) 応用練習 Latihan Penerapan Persiapan (5分) Kegiatan (10分) フィドバック FiedBack (5分) まとめ (5分) | 学習内容 (Isi Pelajaran) 1. PRA KEGIATAN A. Menjelaskan situasi dengan cara menempelkan gambar gedung bertingkat dan Mall di papan, untuk memancing siswa memahami situasi dari kegiatan yang akan dilakukan. Guru : “anak-anak, bayangkan, ini ada di mana?” Siswa : “Di Mall” Guru : “Ya, kalian pasti pernah belanja ke Mall kan?. kita sekarang akan belajar bagaimana cara menanyakan letak benda yang ada di Mall” B. Guru menjelaskan target kegiatan, yaitu dapat bertanya jawab untuk mendapatkan informasi tentang barang dan tempat barang tersebut berada. C. Guru menempelkan denah A di papan tulis, kemudian menempelkan denah B di White bord kecil. Denah A (Pengunjung) Denah B (Pelayan toko) 4 4 3 3 2 2 1 1 B1 B1 D. Menjelaskan Cara Kegiatan. 1. Guru menjelaskan bagaimana cara berkegiatan 2. Guru membentuk siswa berpasangan ( A dan B) 3. Membagikan kartu denah A dan denah B, kemudian memastikan siswa yang menjadi A san mendapat denah A, dan siswa yang menjadi B san mendapat denah B. 4. Mengingatkan siswa agar tidak saling memperlihatkan denah yang telah di terima masing-masing 5. Guru mengingatkan siswa untuk bertanya hanya pada pasangannya 6. Guru menentukan nama-nama barang yang harus ditulis oleh siswa B di denah B, yaitu かばん、とけい、ぼうし、カメラ、CD. 7.Guru menjelaskan bahwa masing-masing barang ditulis untuk masing-masing lantai. 8. Guru menjelaskan pada siswa A bahwa barang-barang yang ditanyakan hanya 5 barang yang telah ditentukan. 9. Guru mencontohkan percakapan: A : すみません、カメラは何がいにありますか。 B : さんがいにあります。 A : そうですか。どうも Latihan Pengulangan : Guru Kelas Kelompok Perorangan Latihan Penggantian : Guru Kelas Kelompok Perorangan Sambil melatihkan guru menghapus contoh percakapan sedikit demi sedikit. 10. Memberikan contoh pengisian denah. (Menyuruh seorang siswa untuk maju ke depan kelas untuk menjadi pengunjung, guru menjadi pelayan toko. Guru juga tidak memperlihatkan denah B ke siswa yang maju dan mengingatkan siswa agar tidak memperlihatkan denahnya ke pasangannya) 11. Guru memastikan semua siswa telah paham cara melakukan kegiatan. B. KEGIATAN 1. Siswa melakukan kegiatan 2. Guru memantau kegiatan sambil membetulkan/ mengoreksi bila ada percakapan siswa yang salah. C.PASCA KEGIATAN 1. Guru menyuruh siswa untuk mencocokkan antara denah A dan denah B. 2. Menyuruh 2 pasang siswa untuk memperagakan percakapan dan pengisian denah di depan kelas. Siswa yang memegang denah A bertanya pada siswa B dan menuliskan jawabannya di denah yang ada white bord kecil. KESIMPULAN 1. Guru bertanya keberadaan benda pada siswa sambil menunjuk denah yang telah dikerjakan di depan kelas. Guru Kelas 先生:カメラは何がいにありますか。 学生:……………….. 2. Guru meminta 2 orang siswa untuk bertanya dan menjawab (Benda yang ditanyakan dan jawabannya BEBAS tanpa ditentukan guru) 3. Guru menyadarkan siswa bahwa mereka sudah bisa bertanya dan menjawab keberadaan benda di gedung bertingkat dalam bahasa Jepang. 4. Guru memotivasi sisw supaya menggunakan bahasa Jepang yang sudah dipelajari. 5. Penutup | 教材 Alat Bantu · Gambar Mall/ gedung bertingkat · Denah A dan B di karton · White bord kecil · Kartu denah A-B · Gambar (絵カード) · Papan Tulis · 絵カード · 数字カード · Denah gedung di karton · 絵カード · Denah gedung di karton · Denah gedung di karton |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar